Cover

VISI & MISI

PENDAHULUAN

Bahwa dalam rangka upaya ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa yang berkualitas dan mempunyai daya saing yang tinggi maka peran masyarakat salah satunya adalah membuat lembaga pendidikan yang bermutu sesuai dengan harapan dan cita-cita yang tertuang dalam setiap kebijakan dan undang-undang serta peraturan-peraturan yang dikeluarkan pemerintah.

Permasalahan yang sering timbul adalah apakah kualitas lembaga pendidikan dan kualitas lulusan dan menjamin bahwa lulusan itu akan terserap dalam dunia pekerjaan atau dalam dunia usaha sebagai wira usaha baru, tentu ini yang sering menjadi masalah di Indonesia.

Tidak seimbangnya jumlah angkatan kerja dengan lapangan pekerjaan yang tersedia mengakibatkan jumlah pengangguran terus meningkat dari tahun ke tahun, fungsi lembaga pendidikan salah satunya menyediakan lulusan tenaga kerja yang terampil di bidangnya, yang memliki wawasan luas dan siap bersaing di dunia international, dan harus bisa menyediakan link and match atau jalur pekerjaan bagi para lulusannya, ini menjadi penting, selain diharapkan juga nantinya lulsan yang dikeluarkan juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

YPK Harapan Nasional sebagai salah satu lembaga penyedia jasa di bidang pendidikan telah mempersiapkan diri sebagai lembaga yang berkompeten untuk mengatasi masalah-masalah di dunia pendidikan dan dunia pekerjaan dewasa ini.

Satu hal yang penting adalah bahwa YPK Harapan Nasional selalu mencoba untuk melakukan perbaikan dari tahun ke tahun sejak berdiri tahun 2001 di Yogyakarta, banyaknya jumlah lulusan yang terserap di dunia pekerjaan adalah salah satu bukti bahwa lulusan YPK Harapan Nasional adalah salah satu lulusan yang diperhitungkan sebagai lembaga pendidikan yang menjadi pilihan untuk belajar mempersiapkan diri menghadapi dunia persaingan pekerjaan.



VISI
Menciptakan pendidikan yang berkualitas, berbudaya, berkebangsaan, berwawasan luas dan mampu bersaing di dunia internasional serta terjangkau oleh masyarakat.

MISI
1. Mengupayakan agar penyelenggaraan pendidikan mempunyai standar kualitas yang tinggi dan terjangkau oleh masyarakat, mempunyaii keunggulan kompetitif dan dapat bersaing di dunia internasional.
2. Menciptakan keseimbangan kecerdasan intelegensia,emosional dan spiritual.
3. Menciptakan system penyelenggaraan pendidikan yang unggul dan kompetitif.
4. Menciptakan atmosfir pendidikan yang kondusif.
5. Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang bermutu tinggi dan berkualitas.

MAKSUD
Maksud penyelenggaraan pendidikan adalah mengupayakan pemerataan pendidikan yang berkualitas, terjangkau oleh masyarakat dan menjamin perluasan akses di dunia usaha maupun dunia pekerjaan.

TUJUAN
Menjamin kualitas hasil dan proses penyelenggaraan pendidikan yang mempunyai daya saing kompetitif yang unggul, beriman, bertaqwa dan mempunyai nilai nilai humanis demi kemaslahatan umat manusia.

PROGRAM PROGRAM KEGIATAN
Untuk menterjemahkan visi, misi dan tujuan organisasi ataupun Yayasan perlu dibentuk dan dibuat program-program kerja yang lebih operasional, program-program kerja meliputi :

1. Mensosialisasikan program pendidikan untuk ditawarkan ke masyarakat.
2. Membuat kurikulum program pendidikan yang berkualitas dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang disesuaikan dengan jumlah anggaran yang dianggarkan : tempat pendidikan, laboratorium, kualifikasi tenaga pengajar, tempat job training.
3. Mempersiapkan link and match ke dunia pekerjaan setelah siswa lulus pendidikan, dengan melakukan komunikasi dan membuat list daftar agency secara terus menerus ( Komunikasi terus menerus).
4. Memastikan bahwa lulusan bisa terserap dunia kerja secara keseluruhan target minimal 100% (setiap angkatan ) terserap ke dunia pekerjaan kapal pesiar/hotel darat di luar negeri.
5. Melakukan pembenahan struktur organisasi secara terus menerus sehingga akan terbentuk alur struktur yang sempurna untuk meminimalisir konflik.
6. Mengembangkan uang pemasukan sekolah ke dalam usaha lain yang bersifat profit oriented (hal yang menguntungkan) untuk dpat menyuport/mendukung kelangsungan dunia pendidikan melalui yayasan untuk membantu kemiskinan dengan penyediaan pendidikan gratis bagi yang kurang mampu.
7. Memilki sarana dan prasarana sendiri yang memadai: gedung sekolah yang representative, laboratorium House keeping, Food and beverage product and service, safety at sea dan perlengkapannya.
8. Mulai melakukan verifikasi tentang pendirian agency sendiri dan mempersiapkan secara administrative.
9. Mempersiapkan Yayasan untuk membuat program lain yaitu kursus kuliner dan mempersiapkan laboratoriumnyaMempersiapkan rencana pembuatan usaha bidang lain yang berhubungan program pendidikan : kuliner (café and resto), motel/hotel, consultant hotel.
10. Memiliki lembaga pembiayaan bagi siswa yang kurang mampu, juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu.
11. Menjalankan fungsi-fungsi social selain beasiswa juga untuk pemberdayaan masyarakat melalui lembaga pengabdian masyarakat.
12. Menjadi lembaga pendidikan sebagai penyumbang zakat terbesar di Yogyakarta.
13. Memiliki agency sendiri sebagai bentuk upaya link and match antara dunia pendidikan dan dunia pasar kerja internasional.
14. Menjadi lembaga pendidikan yang mempunyai kualitas dan standard internasional dengan akreditasi yang cukup baik dan diakui secara nasional maupun internasional.

0 komentar:

Posting Komentar